Rabu, 03 Oktober 2012

Elong Mappoji



Elong Mappoji
Siduppaka nacabberu
Iami napoada
Sappako laingnge

Pekkuna sappa laingnge
Engkagaro duawana
Anrena matakku

Polena palele winru
Tenri kutuju mata
Padamu silise

Mabela murisomperi
Aga ripauwangnga
Balala padammu

Mauwa sompe ri Jawa
Sappai senrapammu
Tenri kulolongeng

Lao tona sompe tona
Lele makkutana tona
Tenrissa duammu


Ealo mpoji
siidupk ncebru
aiam inpoad
spko liaGE

epkuun sp liaGE
aEkgro duan
aeRn mtku

poeln pelel wiRu
tERi kutuju mt
pdmu silisE

imebl murisopEri
ag ripauaG
bll pdm
u

mauw sopE ri jw
spai esRpmu
tERi kuloloGE

lao ton sopE ton
elel mkutn ton
tERis pdmu


 Elong Memuji
Aku bertemu sambil tersenyum
Ia hanya berkata
Carilah yang lain

Bagaimana aku cari yang lain
Apakah ada duanya
Yang memikat mataku

Aku sudah cari kemana-mana
Tak ada yang ketemukan
Yang sama denganmu

Namun kau jauh,kumencarimu
Sebab aku diberi tahu
Jarang yang sama denganmu

Walau aku merantau ke Jawa
Mencari sepadanmu
Takkan kutemukan

Aku pergi dan aku merantau
Aku bertanya dimana-mana
Tak ada duamu


Polena palele cinna
Sappai seppadammu
Tenrissa padammu

Sengeka rimula wenni
Kubali senge tokko
Ri giling tinroku

Sengekka simata jarung
Kubali senge tokki
Sipuppureng lino

Kego liu mangkangulung
Matoddang makkalili
Uwita tinro

Mannipia riwennie
Manessa ikomua
Uwakkang matinro

Matinroku manippiku
Iami kuponippi
Ikomi kuita



poeln pelel cin
spai espdmu
tERis pdmu

esGEk rimul wEni
kubli sEGE took
ri gili tiRoku

sEGEk simt jru
kubli sEGE toki
sipupurE lino


kego liau mkluGu
mtod mklili
uwit tiRo

mnipiari wEniea
mnEs ikomua
auwk mtiRo

mtiRoku mnipiku
ia kuponipi
iaikomi kuait



Aku telah menyebarkan cinta
Mencari yang sama denganmu
Tak ada yang menyamaimu

Kenang aku dipermulaan malam
Kukenang juga engkau
Dikala tidurku

Kenang aku bagai jarum
Kukenang juga engkau
Seumur hidup

Diman engkau tidur
Berbaring menggeliat
Engkau kumimpikan

Aku berpimpi tadi malam
Jelas engkau jua
Kupangku dalam tidurku

Setiap tidur aku bermimpi
Yang ku impikan
Hanya engkau kulihat



Upapadako cammingnge
Utimpa baja-baja
Tekkubokorimmu

Sangadi mate watannga
Mareppa bulo-bulo
Kupaja massenge

Sangadi dua menre
Matanna tikkaede
Usala pangolo

Mateka ala duae
Kutaro ribabua
Tennaikomua

Akkitako riketengnge
Allili alibunna
Atikku rilaleng

Ana uleng muita
Macora pupu benni
Padai nyawaku



auppdko cmieG
autiP bjbj
tEkubokorimu

sGdi met wtG
mrEP bulobulo
kupj mesGE

sGdi dua emeR
mtn tikeaed
ausl pGolo


metkal duaea
kutro ri bbua
tEnikomua

akitko ri ektEeG
alili alibun
atiku ri lle

an aulE muait
mcor pupu bEni
pdai Nwku



Ku anggap engkau cermin
Aku buka tiap hari
Tak membelakaangimu

Kecuali kalau aku mati(bagai) batang
Pecah bagai bulu
Aku berhenti mengenang

Kecuali kalau terbit dua
Matahari
Aku berpaling

Aku mati andai kata dua
Ku simpan dalam perut
Selain engkau

Lihatlah ke bulan
Yang purnama
Hatiku ada didalamnya

Lihat lihatlah bintang
Berkilau semalam suntuk
Seperti jiwaku



Akkitako ri saloe
Maccolo baja-baja
Atikku rilaleng

Maggulilinna palele
Winru naikomua
Tuju nawa-nawa


Dua tellu kerraeko
Ingemu namatammu
Taro simmpolommu

Iasiha manasaku
Aleboppa lalai
Assimelleretta

Iasiha manasaku
Pattana walingengngi
Assimelleretta

Pesona temmagangkaku
Iapa nakewiring
Kameppi linoe


akitko ri sloea
mcolo bjbj
atiku rillE

mgulilin pel
wiRu nikomua
tuju nwnw


dua tElu kEreako
aiGEmu n mtmu
tro sipolomu


aiasih mnsku
aelbop llai
asimElErEt

aiasih mnsku
ptn wliGEGi
asimElErEt

Epson tEmgkku
aap nekwiri
kmEpi linoea


Lihatlah kehulu sungai
Mengalir tanpa henti
Hatiku bagai didalam

Sudah aku berkeliling mencari
Hanya engkau pasangan
Yang cocok keinginanku


Dua tiga cahyamu
Hidung dan matamu
Letak sanggulmu

Menurut ku
Liang lahatlah yang memisahkan
Ke akraban kita

Menurut ku
Kiamatlah yang memisahkan
Ke akraban kita

Pasrah tak berkesudahan
Nanti berakhir
Jkabdunia kiamat


Upemenasai siha
Silere kasa renni
Pawalung tadua

Upemenasai siha
Sitontra-tonra jari
Lete rimanipi

Ikoare idikare
Letei ri manipi
Sitajengng rimaje

Rimajepi mabbicara
Ritualonrong pasi
Mappasilolongeng

Tessitajengngi rimaje
Kuwapi ri manipi
Sita baja-baja.







auuepemnsaisih
silErE ks rEni
pwlu tdua

auuepemnsaisih
sitoR toR jri
elet ri mnipi

aikoaer aidiker
elet ri mnipi
sitjE ri mej

rimej mbicr
ri tualoRopsi
mpsiloloGE


tEsitjEGi ri mej
kuwpi rimnipi
sit bjbj







Aku bercita-cita
Secarik kain kasa
Kain kafan kita berdua

Aku bercita-cita
Saling beerpegangan tangan
Meniti di liang lahad

Engkau atau aku
Meniti di liang lahad
Kit saling menunggu di kuburan

Di kuburan kita bicara
Di akhirat kita
Saling bertukar pikiran

Tak saling menunggu di kubur
Nanti di liang lahad
Bertemu lagi.

Tidak ada komentar: